Kamis, 23 Desember 2010

KULIAH TUJUANNYA APA SICH?



Ini adalah tulisan Saya mengenai beberapa masalah Saya dengan teman-teman Saya di Kampus POLITEKNIK NEGERI PADANG. Tujuan kuliah Saya adalah mendapatkan ilmu sebanyak mungkin dan tidak lama-lama di Kuliahan dan dapet kerja yang baik serta tidak melupakan mencari ilmu agama dan melaksanakannya.
Untuk mencapai itu semua, Saya tidak lepas dari lingkungan Saya tentunya. Saya berharap bangat dapat teman yang benar-benar serius dan memiliki tujuan yang sama. Tapi sampai semester 2 akhir ini Saya belum menemukan teman yang benar-benar sama tujuan kuliahnya dengan Saya. Sempat Saya tanya beberapa teman tantang apa sich tujuan Kamu kuliah. Tentu Saya tanya kepada teman yang terlihat aktif dan serius dalam kuliah.
Bimo, teman Saya lulusan SMK. Dia mengatakan bahwa sebenarnya kuliah itu bukan saja mencari Ilmu tapi disini Kita dilatih untuk menguatkan mental Kita dengan segala apa saja yang berkaitan dengan kuliah. Ia memisalkan, dulu Guru Kita di SMK/SMA menjelaskan materi dan memberi tugas sesuai dengan materi yang Ia sampaikan tetapi sekarang Dosen menjelaskan dengan singkat lalu memberikan tugas yang kadang-kadang sangat berbeda dengan apa yang Ia jelaskan sehingga Kita membutuhkan mental yang kuat untuk mencari informasi lebih dari apa yang Dosen jelaskan untuk menyelesaikan tugas itu. Saya lumayan ada tambahan tantang tujuan kuliah dari Dia.
Adi Sukma, teman Saya satu ini mengatakan bahwa kuliah untuk mencari ilmu baik dari yang kita ambil dari kuliahan itu sendiri maupun dari luar seperti ikut organisasi-organisasi. Karena untuk persiapan Kita nanti terjun ke masyarakat. Salut buat Dia juga, karena emang basic dan latarbelakang keluarganya adalah kebanyakan masuk organisasi-organisasi politik.
Ada lagi teman Saya namanya Fichan Firdaus…Ni orang bisa diajak becanda dan sedikit susah di ajak serius.. Dia mengatakan bahwa kuliah untuk mencari Cewe katanya…Sial,,Saya ajak serius malah becanda..
Untuk mencapai tujuan Saya tadi, hampir setiap hari Saya pergi ke Perpus Unikom. Baca dan pinjem buku, pinjem CD/DVD tutorial dan yang paling sering adalah ngenet gratis…maklum anak Kosan..duitnya sayang buat makan euy…ya ini Saya manfaatin untuk ngeBlog. Sempet malu sich sama penjaga perpusnya, karna setiap hari selalu maen dan pinjem ini itu…
Kadang pengen bangat bisa maen keluar sama teman-teman, nonton bioskop, maen game online atau jalan-jalan ke Lembang tapi Saya selalu memikirkan keluarga Saya. Saya sudah diberi kesempatan untuk kuliah tapi malah maen-maen. Makanya Saya dengan teman-teman agak kurang begitu dekat karena memiliki pandangan berbeda dan menurut Saya beberapa pandangan teman Saya sangat kurang bagus untuk masa depan. Mudah-mudahan mereka mengerti keadaan Saya..Dan Saya sendiri menghargai pandangan masing-masing teman.
Yah begini deh, dunia anak kuliah yang ngekos dan punya cita-cita tinggi..Kadang berkeinginan sesuatu tapi dibatasi oleh waktu, uang, dan kemampuan..dan Saya tetap optimis kedepan bahwa sudah ada yang mengatur semuanya. Tugas Kita sekarang sebagai mahasiswa adalah terus berusaha semaksimal mungkin, berdoa dan selalu menyerahkan semuanya kepada Allah ta’ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar