Sabtu, 25 Desember 2010

Sarapan Pagi Memang Penting Sebelum Berangkat Kekampus

Gara-gara tidur kemalaman, akhirnya bangun terlambat. Atau, gara-gara malas-malasan bangun, jadinya terlambat bangun. Meski mata melirik makanan mama pagi ini enak sekali, tapi waktu tidak memungkinkan lagi. Kamu harus berangkat kekampus dan say god bye ke meja makan. Aduh, kok terlambat lagi?

Banyak di antara teman kita yang mengeluh dan memilih tidak sarapan di pagi hari, baik sebelum berangkat sekolah, maupun sebelum berangkat ke kampus. Alasannya, mereka takut terlambat. Akibatnya, selama pelajaran berlangsung, pikiran tertuju hanya pada makanan. Pelajaran jadi terabaikan dan tidak fokus. Itulah yang sering kita alami, mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Mereka mengaku tak biasa dengan sarapan pagi. Alasannya, mereka sudah terlambat berangkat dari rumah, jadi memilih tidak sarapan daripada tidak diizinkan masuk kelas.
 Waktu sarapan pagi jadi tertunda. Biasanya pukul setengah tujuh, sekarang jadi pukul sepuluh. Bahkan, Dedet Hirawan Musra, mengaku merasa lemas dan lapar menunggu pukul setengah dua belas tiba. Teman kita mengaku kapok, karena efek tidak sarapan pagi itu sangat tidak baik.
Bagi Irma Aprilia, selama pelajaran ia merasa lapar dan mengantuk. Kadang-kadang, perut suka berbunyi dan pikiran menjadi tidak fokus.

Gara-gara sering sering tidak sarapan, Dedet terpaksa menyiasati waktu agar bisa sarapan pagi sebelum berangkat ke kampus. Ia memilih bangun lebih cepat dan segera melesat ke warung dekat rumah untuk makan lontong atau nasi goreng sebelum berangkat ke kampus.

"Pokoknya makan," jawabnya.

Stamina Oke


"Kalau makan lontong, pukul sepuluh perut sudah berbunyi, tapi kalau makan nasi, sampai pukul dua belas, staminaku masih oke, sarapan itu penting, karena kita bisa fokus memperhatikan dosen mengajar dan tidak loyo, seperti teman-teman yang jarang sarapan pagi".
Benar ya, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah itu sangat penting. Dengan mengisi perut sebelum belajar, kita akan lebih mudah berkonsentrasi menerima pelajaran dari guru-guru, karena perut sudah kenyang. Kalau mau sarapan pagi, pilihan menu yang akan dimakan juga harus diperhatikan. Utamakan makanan bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, seperti nasi, jagung, kentang, serta umbi-umbian; dengan lauk pauk seperti tempe, tahu, telur, daging, ikan; sayur mayur seperti kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol, labu siam, dan lain-lain. Alangkah baiknya kalau bisa melengkapi dengan buah-buahan seperti apel, pepaya, atau lain-lain; dan ditambah dengan susu.

"Siapa bilang makan pagi itu bikin ngantuk? Justru, sarapan pagi itu penting. Yang tidak sarapan pagi jadi malas deh menghadapi pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar